Yang Ngintip :

a Wife, a Mother and Working at Home.. Yess! very Proud of it

Sunday, January 27, 2013

Kemiri oh Kemiri..

Berawal dari hasrat lama yang ingin berbuat sesuatu pada rambut tehnay dan deaz yang tipis dan lamaaa sekali tumbuhnyaa.. tapi secara emak mereka bukan tipe terampil yang segala bisa dan cekatan :p .. jadi hasrat itu terus terpendam..  sampai minggu kemarin kepikiran lagi, karena tehnay ga mau potong rambut karena pengen rambutnya panjang .. tapi panjang dan tipis kayanya ga matching ya?? oke, let's find a solution (ehem..) .. merayu tehnay potong rambut, dan menjanjikan perawatan supaya nanti kalau rambutnya panjang bisa sekalian indah dan sehat.. tapi tetep harus dijilbab :p 

Mbah Google langsung dikontak dung yaa.. akhirnya pilihan jatuh pada "minyak Kemiri"  .. beli?? sayang banget.. kemiri kan ada di dapur kite.. betul?? bikin aje kali yaa.. cara membuat ternyata macem-macem.. tapi pilihan jatuh pada satu cara .. akhirnya percobaan pertamapun dimulai :

Kemiri diblender sama air, saring pake kain bersih atau kain buat kukus nasi itu lhoo..  berulang kali sampai santan kemiri tidak kental lagi .. rebus sampai terlihat kerak hitam dan keluar minyaknya..

siip, gitu doang?? oke.. laksanakan.. dengan modal kecil dan air aja mah dijabanin deh.. dan ternyata waktu tempuh nyampe 2 jam. dan ga bisa ditinggal..  dan hasilnya minyaknya tak terlihat melimpah.. bertanya2.. "emang hasilnya harus kaya gimana sih??" duh, berasa bego deh si gue.. itu kemiri bukannya jadi minyak.. malah jadi kaya sangrai kelapa yang gosong.. hmmm .. apakah memang harus seperti itu??? deuh klo kaya gini repotnya mending si gue beli aje kali yee.. 

Tapi, kemiri dah dibeli dan diolah dung.. masa ga dimanfaatkan??toh masih ada minyaknya juga.. akhirnya dipake ke kepala tehnay dan deaz, plus ampasnya.... walhasil.. komplain datang bertubi-tubi.. ..kesimpulan hari itu.. percobaan pertama dan rencananya satu2nya.. GAGAL!

Tapi besoknya dapat kabar, ternyata ada cara yang simple dan sama berkhasiat.. karena sudah terbukti oleh dirinya.. "kemiri 1 buah, dibakar sampai gosong, ulek sampai keluar minya.. masukin kaos kaki bersih yang tak terpakai lalu tekan2 ke kulit kepala.. kenapa pake kaos kaki?? sebenernya bisa kain apa aja.. yang penting bisa jadi saringan biar minyaknya keluar tanpa ada ampasnya.. " owh gitu??

Ah tapi sayang kan sama racikan sendiri.. ga habis akal.. hasil racikan kemarin saya ulek lagi dan ternyata minyaknya keluar!.. cari kaos kaki bayi bekas anak2.. masukin dan akhirnya proses pengaplikasian minyak kemiri pada rambut .. SUKSES!  tanpa keluahan ,, siip.. 

mari kita lihat hasilnya beberapa bulan lagi..

*soal cara bikin.. boleh dibakar dulu terus diulek, atau diulek/blender sama air.. rebus sampe berkerak.. ga masalah.. aplikasi akhir itu yang penting biar ga belepotan dan yg kena ke rambut cuma minyak dan bukan sama ampasnya.. ada yang sukses dengan cara lain yang simple dan bisa menghasilkan banyak minyak??? boleh dung sharing..:)

No comments:

Post a Comment