Yang Ngintip :

a Wife, a Mother and Working at Home.. Yess! very Proud of it

Monday, January 21, 2013

Bullying at Home

Ada yang cukup berkesan waktu acara Parenting bulan kemarin di Zaidan alam Mandiri .. saat pembicara mengatakan bahwa kadang kadang Bullying  itu terjadi di rumah oleh orang tua sendiri.. hmm

"masa nilainya cuma 95?? teteh itu bisa dapet 100 juga.. kenapa harus 95"  saya pernah mendengar seorang ibu memarahi anaknya dengan kalimat ini .. "pokoknya kalo ga rangking, ga akan disayang bunda" atau mungkin ketika anak mengatakan "bun, lihat gambarnya bagus yaa???" dan ibunya menjawab " ih, itu lihat warnanya itu harusnya hijau kalau daun, terus jangan keluar-keluar garis.. yang rapih dung kalau mewarnai, sini bunda contohin"  JLEB! 

Kata-kata itu membuat saya pribadi terbuka mata saat ada peristiwa yang saya rasa mungkin iya itu adalah sebuah bentuk bullying buat anak saya.. Rasa kecewa seorang anak ketika orangtua nya sendiri meremehkan hasil kerja keras dia.. memang pasti kalau kita bandingkan dengan orang dewasa, usaha mereka sekecil upil kali yaa.. tak begitu bernilai.. tapi proses berusaha, kreatifitas yang mereka coba munculkan, mendapat komentar yang bagi kita simple.. tapi berdampak besar pada perkembangan jiwa anak-anak kita.. 

AyahBunda, sekecil apapun karya buahhati, bisa kan dikomentari dengan senyum dan angkat jempol, sekedar bilang "hebat!" padahal yang dia gambar tidak bisa kita jabarkan sebagai sebuah bentuk misalkan..  dan dalam hati saja kalau mau komentar "gambar naon deui eta teh?? " tapi reaksi positif yang kita coba tampilkan jelas akan menambah rasa percaya diri buah hati kita..

Waaahh.. saya masih harus banyak belajar soal ini..melatih diri untuk tidak mengecilkan arti sebuah karya, usaha atau perjuangan si kecil.. 

Alih alih marah ketika tembok ruang tamu ada corat coret, kita tunjukkan antusiame kita menghargai karyanya dengan bilang "hebat banget gambarnyaa.. kayanya bisa lebih bagus ya kalau gambarnya di kertas gambar.. jadi bisa dibingkai ..(atau nanti kita foto) " dengan cara ini, tembok kita akan selamat dari serangan gambar untuk berikutnya dan buah hati tetap percaya diri mengekspresikan hasrat kreatifitasnya..

ah, masih banyak hal yang harus kita pelajari ternyata.. menjadi orangtua itu betul-betul sebuah pengalaman yang SUPER.. Fun, confusing, exiting dan segala rasa deh pokoknya..

so, kalau toh kita prihatin dengan tindakan bullying yang terjadi di sekolah, maka patut kita berkaca diri dan menilai, selamatkah buah hati kita di rumah dari sikap bully kita sebagai orangtuanya??..


No comments:

Post a Comment