Yang Ngintip :

a Wife, a Mother and Working at Home.. Yess! very Proud of it

Saturday, September 20, 2014

Teladan atau Ajakan ?


Ngobrol sama salah satu orangtua murid di sekolah deaz


A : anak saya mah disuruh sholat teh susaaah minta ampun, padahal udah umur 7 tahun


Saya : Bukan di suruh bu, tapi di ajak :)


A : eehh iya yaa.. saya nya juga masih belang betong sholatnyaa


-- Ketika kita suka mendengar bahwa contoh dan teladan itu PENTING dalam hal mendidik anak, Bagi saya MENGAJAK jauuh lebih penting..


Menyuruh tak pernah jadi efektif dalam mendidik anak, dan memberikan teladan juga akan kurang "ngefek" kalau tanpa ajakan.. Ini bukan berarti saya jd serba sempurna untuk mendidik anak yee.. sekedar sharing pengalaman pribadi, mudah mudahan efektif dan bisa diaplikasikan untuk yang lain..

Sering kali saya perhatikan, anak anak saya khususnya, kalau di perintah untuk sholat atau mengaji, akan menunda dengan dalih macam macam.. entah itu sedang baca, sedang nulis, sedang kerjakan ini itu.. see.. Perintah TIDAK efektif

Tapii Kalau saya BERGERAK duluan, ambil Wudhu.. ambil mukena dan bilang " sholat yuuukk" .. maka mereka pun akan bergegas menuju kamar mandi untuk wudhu dan ambil mukena dan ikut sholat berjamaah..

Begitu pun dengan mengaji.. Duduk bersama mereka.. memperhatikan bacaan mereka.. jauh lebih efektif daripada memberikan al-qur'an atau Iqra dan bilang " baca qur'an sayang " dan kita asyik sendiri dengan urusan kita..

Cara ini saya sadari setelah proses Trial and error.. jadi tak pernah menjadikan saya sempurna, karena PASTI masih banyaaakk ibu yang lebih HEBAT dr saya.. . Saya pribadi Sekarang ini MASIH bingung mengajarkan hapalan Surat, hadist atau ilmu ilmu fiqih.. secara saya pribadi masih miniiimmm ilmunyaaa.. dan NGAKU BUTUH banget dibantu.... #SelfKeplak

Jadiii sebenarnya untuk urusan sholat dan mengaji al-Qur'an masih bisa kok kita orangtuanya sendiri yang turun langsung.. asal dengan Syarat : Mengajak, bukan memerintah atau sekedar memberikan Contoh..

#BelajarTerus

No comments:

Post a Comment