Yang Ngintip :

a Wife, a Mother and Working at Home.. Yess! very Proud of it

Thursday, November 1, 2012

Kisah Deaz



Saya ingat sekali.. saat jam stengah 2 dini hari tanggal 3 juni.. suster mendatangi tempat tidur saya dan memanggil aysay.. saat itu sudah sangat deg2-an.. saya sudah rasa ada yg salah .. apalagi tidak sampai 10menit aysay datang .. dan mengabarkan berita itu .. "ada masalah dengan paru2 deaz, harus drujuk ke Rumah sakit XX .." tertegun.. slain rasa sedih, juga karena bingung memikirkan biaya yg harus disediakan .. persalinan secara caesar (dluar dari rencana pembiayaan yang ada..) dan sekarang muncul lagi "hal"ini..

keputusaan dini hari itu .. deaz akan ditangani semaximal mungkin di klinik tempat saya melahirkan.. namun apa daya.. ketika jam 9 pagi ada mati lampu.. dan klinik itu juga ikut merasakan mati lampu.. no generator! dan sangat tdk mungkin deaz bs dirawat dsana.. keputusan harus segera diambil.. akhirnya kami mengontak keluarga dan menjelaskan kondisinya.. alhamdulillah akhirnya diputuskan Deaz di pindahkan ke RS XX

saat itu saya belum sempat sedetikpun melihat deaz.. dari melahirkan .. krn saya dibius total saat caesar.. deaz dipindahkan diantar ayahnya saja.. kami cukup intens berkomunikasi.. masalah berikutnya pun hadir.. deaz tidak bisa masuk /dtangani karena harus ada deposit 4jt.. *tengtong! .. antara marah, sedih, kecewa.. kenapa jiwa seseorang bisa begitu tidak berharga dibandingkan uang 4jt?? alhamdulillah Allah berikan pertolongannya.. Dokter di tempat saya melahirkan memberikan jaminan Namanya, supaya deaz bisa ditangani segera..

Setelah 3 hr terpisah, tanpa sedetikpun bertemu dari saat melahirkan.. pertemuan pertama kami pun ada.. deaz.. di kotak kaca dengan fasilitas luar biasa.. pelayanan yg ramah, gesit.. hebat lah menurut penilaian saya.. kondisi deaz sangat kecil.. 2,4kg.. dengan mata ditutup..selang oksigen di hidung.. selang infus .. dan selang ASI yang masuk lewat mulut ke tenggorokannya .. begitu kecil.. setiap turun naiknya helaan nafas sanggup membuat saya berhenti bernafas.. kekhawatiran yang besar.. alhamdulillah saya merasa sangat puas dengan pelayanan yg ada.. sampai saatnya tagihan muncul.. kira2 1,5jt/hari :) WOW .. perharinya pun masih jauh dr penghasilan aysay sebulan saat itu..

Dengan sangat berat hati.. hari ke-3 deaz dirawat di fasilitas itu.. kami memutuskan untuk memindahkan deaz ke fasilitas kelas 3... sepertinya hal ini cukup menggemparkan para pegawai rumah sakit dsana.. setidaknya di bagian 2 fasilitas itu..  soalnya sampai ada kata2 tidak layak yang saya dengar sendiri dari salah satu perawatnya "oh, ini yg dari fasilitas XXX itu?? meni ngagejret pisan nyaa pindah ka kelas 3" (sambil senyum nyinyir) .. BLETAK! klo saat itu saya ga mikir panjang pengen bilang "bu, klo di kelas 3 ada fasilitas seperti di fasilitas xxx.. ngapain saya kesana bu?? buang uang aja.. langsung aja kesini .. kami kesana di awal bukan karena kebanyakan duit.. tp karena nyawa anak yg diperjuangkan"
Tapi apa daya.. deaz blm stabil sepenuhnya .. akhirnya dengan menelan rasa marah.. mencoba menjalani pelayanan yang ada.. yg 180 derajat jauuuuuhhhh.. dr fasilitas sebelumnyaa.. keramahan, kegesitan sangat berkurang jauh... meskipun alhamdulillah masih juga ada yg bisa melayani dengan hati..

Berada di fasilitas kelas 3 benar2 membuka mata saya.. sekamar dengan anak bayi yg lahir tanpa langit2 mulut .. yang setiap mau minum asi harus memasang langit2 mulut buatannya.. dan bayi yg lahir dr ibu yang usianya belasan tahun.. bertetangga dengan anak yg menderita tumor.. 6 bulan dsana.. 6 bulan! baru ditindak.. ngantri katanya.. karena kan pake jamkesmas tea (kartu ajaib katanya) .. ternyata masih juga terselip rasa syukur.. masalah saya sama sekali tidak seberapa..

akhirnya.. tak tahan juga di hari ke 11.. memaksa pulang.. deaz katanya blm stabil.. masih kuning.. tapi paru2nya sudah stabil.. saya bilang saja sama dokternya "bu, saya stress disini.. tidur di kursi kayu dengan kondisi saya baru lahiran caesar .. perasaan sedih yg amat sangat melihat anak disuntik dan diambil darahnya tiap hari.. (sering ga sukses juga ambil darahnya.. jd diulang lagi) .. ASI tdk keluar krn STRESS.. anak ga cukup asi dan ga kena matahari.. klo masalahnya cuma kuning biasa.. sy minta pulang.. di rumah sy akan lebih relaks.. pasti berpengaruh untuk ASI saya.. matahari bisa tiap hari kena.. pasti lebih cepat sehat daripada disini" akhirnya... kami pulang dengan status "pulpak" (pulang paksa)

ini deaz.. cantik, sehat, cerdas.... semoga Allah menjagamu sayang...


*thank you buat keluarga, sahabat, rekan.. yang senantiasa mendoakan.. memberikan bantuan secara moril maupun materiil.. Thank you Allah.. 4 giving me 2 beautiful Angels..




No comments:

Post a Comment